PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPA Materi Ajar Pasar Modal di SMA Negeri 1 Katapang Tahun Ajaran 2016/2017 )

Fitri Mayanti, 135020092 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPA Materi Ajar Pasar Modal di SMA Negeri 1 Katapang Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Paradigma baru dalam dunia pendidikan lebih menekankan kepada peserta didik sebagai manusia aktif dan kreatif yang memiliki potensi untuk selalu belajar dan berkembang. Sadar akan pentingnya kreativitas, guru diharapkan dapat merancang metode pembelajaran maupun pendekatan-pendekatan yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Namun sebelum itu guru terlebih dahulu harus mengetahui sejauh mana kreativitas yang dimiliki siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif (TBK) siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang secara ekplisit meminta siswa untuk menyelesaikan masalah dengan berbagai cara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBL. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif ini menggunakan eksperimen yang bertujuan untuk meemperbaiki pelaksanaa pembelajaran. Objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 lintas minat di SMA Negeri 1 Katapang dengan jumlah masing-masing kelas 40 siswa. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif siswa (pretes, postes, N-gain) yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai rata-rata 85.60 dengan kategori tinggi. Sedangkan, sebagian besar siswa (95,83%) merasa senang terhadap penggunaan model pembelajaran PBL pada materi pasar modal. Dengan demikian, model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan berpengaruh terhadap tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBL. Kata Kunci : kemampuan berfikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, materi ajar pasar modal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:53
Last Modified: 16 Oct 2017 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item