PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

RIKTA NOVALIYA, 135060036 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REVISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REVISI.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) ini masih menggunakan metode konvensional yang artinya guru berceramah dan siswa mendengarkan. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak bersemangat, jenuh, dan monoton dan kurang memahami pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi, tes angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan sebagai berikut: pertama, adanya peningkatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pembelajaran pada siklus I 67%, siklus II 84% dan siklus III 92%. Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 68%, siklus II 84% d dan siklus III 92%. Ketiga, adanya peningkatan sikap percaya diri pada siklus I 56%, siklus II 63%, dan siklus III 89%. Keempat, adanya peningkatan sikap teliti pada siklus I 56%, siklus II 66%, dan siklus III 89%. Kelima, adanya peningkatan sikap kerjasama pada siklus I 29%, siklus II 56%, dan siklus III 94%. Keenam, adanya peningkatan kognitif/ pemahaman siswa pada siklus I 18%, siklus II 61%, dan siklus III 87%. Ketujuh, adanya peningkatan keterampilan psikomotor pada siklus I 16%, siklus II 50%, dan siklus III 92%. Kedelapan, adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:46
Last Modified: 16 Oct 2017 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30744

Actions (login required)

View Item View Item