PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIK ANTARA SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

ANANDA LIBISKI, 135050043 (2017) PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIK ANTARA SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsiii.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Skripsi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis, perbedaan kecemasan matematik dan perbedaan penurunan tingkat kecemasan matematik antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen dan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah menengah atas. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL) serta tidak terdapat perbedaan kecemasan matematik dan penurunan tingkat kecemasan matematik antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL) akan memberikan pengaruh yang sama terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematik siswa SMA. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Kecemasan Matematik, Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 04:05
Last Modified: 16 Oct 2017 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30737

Actions (login required)

View Item View Item