ANANDA LIBISKI, 135050043 (2017) PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIK ANTARA SISWA SMA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover Skripsiii.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Skripsi.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Skripsi.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
Text
BAB V Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis, perbedaan kecemasan matematik dan perbedaan penurunan tingkat kecemasan matematik antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen dan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah menengah atas. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL) serta tidak terdapat perbedaan kecemasan matematik dan penurunan tingkat kecemasan matematik antara siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL) akan memberikan pengaruh yang sama terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematik siswa SMA. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Kecemasan Matematik, Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 04:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 04:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30737 |
Actions (login required)
View Item |