VERAWATI ANDRIYANI, 135060120 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema Manusia dan Lingkungan Di Kelas V SDN Ciranjanggirang 1 Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01 Cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
07 ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
08 ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
09 RINGKESAN.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
17BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai, metode yang sering digunakan biasanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Ciranjanggirang 1 Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema benda-benda dilingkungan sekitar kita dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model PBL dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar. Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 70% siklus II 74% dan siklus III 83 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 74% dan siklus III 80%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 58% siklus II 62% dan siklus III 90%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 36% siklus II 68% dan siklus III 93%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 42% siklus 8, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 03:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30734 |
Actions (login required)
View Item |