PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukajadi 3 Kecamatan Sukajadi Kota Bandung)

SOFA ALIYA SALMA, 135060322 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukajadi 3 Kecamatan Sukajadi Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak B. Inggris.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak B. Sunda.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor dengan menerapkan model problem based learning pada subtema usaha pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Sukajadi 3 kota Bandung dan dilator belakangi keadaan siswa keadaan hasil belajar siswa yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalan tiga siklus dengan dua pembelajaran pada siklusnya digunakan tes yaitu tes dan non tes hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa termasuk pada ranah afektif khususnya sikap percaya diri, peduli, dan tanggung jawab siswa. Hasil yang diperoleh siklus I menunjukan sikap percaya diri di atas KKM yaitu 67%, sedangkan sikap peduli yang mencapai KKM yaitu 69%dan sikap tanggung jawab siswa 60% sedangkan pemahaman 47%.dan keterampilan 69%. Hasil pada siklus II menunjukan hasil sikap percaya diri 70%, sikap peduli 75%,sikap tanggung jawab 75% sedangkan pemahaman 72% dan keterampilan 75%.Hasil yang diperoleh siklus III menunjukan sikap percaya diri yang mencapai nilai di atas KKM yaitu 83%, sikap peduli yang mencapai nilai di atas KKM 83%, sikap tanggung jawab siswa yang mencapai nilai di atas KKM 86%, sedangkan pemahaman yang mencapai nilai di atas KKM 82% dan keterampilan yang mencapai nilai di atas KKM 86%. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci : Problem Based Learning, dan Hasil Belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:42
Last Modified: 16 Oct 2017 01:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item