Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang Untuk Pemasangan Instalasi Air Bersih (Studi Kasus di PDAM Tirta Tarum Karawang)

NENI NURHAERANI DEHAS, 123010186 and Bram Andryanto, DS and Yogi Yogaswara, DS (2017) Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang Untuk Pemasangan Instalasi Air Bersih (Studi Kasus di PDAM Tirta Tarum Karawang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA BAB 1 neni.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG UNTUK PEMASANGAN INSTALASI AIR BERSIH (STUDI KASUS DI PDAM TIRTA TARUM KARAWANG) Oleh Neni Nurhaerani Dehas NIM : 123010186 PDAM Tirta Tarum Karawang merupakan perusahaan daerah yang bertugas untuk mengelola dan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat. Masalah yang menjadi isu utama adalah rendahnya kualitas pelayanan PDAM. Pelayanan pasang baru merupakan layanan yang berperan penting dalam meningkatkan jumlah pelanggan PDAM. Permasalahan utama yang terjadi pada pelayanan pasang instalasi baru PDAM ini adalah lamanya waktu proses karena tidak tersedianya barang-barang yang dibutuhkan untuk pemasangan. Sehingga butuh dilakukan peracangan sistem persediaan yang mampu menunjang peningkatan pelayanan. Perancangan sistem informasi persediaan barang di PDAM Tirta Tarum menggunakan metodologi perancangan sistem yang berdasarkan Metode Analisis dan Desain Sistem Informasi Terstruktur. Pada metode ini digunakan alat, antara lain yaitu bagan alir (flowchart), diagram arus data (data flow diagram), dan kamus data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran, dimana perancangan ini selain berdasarkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan (top-down approach), juga berdasarkan data dari operasional perusahaan (bottom-up approach). Dari hasil rancangan yang telah dilakukan dapat dihasilkan informasi mengenai status stok tiap barang, sehingga mampu memberikan warning alert pada petugas untuk mengontrol persediaan dan membantu pemimpin dalam mengambil keputusan dalam pengadaan barang yang harus diprioritaskan. Perancangan sistem ini menghasilkan output berupa Laporan Rekapitulasi Stok Persediaan dan Laporan Penerimaan Barang. Dokumen dasar yang dirancang adalah Kartu Barang, Formulir Data Pemasok, dan Bon Permintaan Pengeluaran Barang. Dengan adanya perancangan sistem informasi persediaan barang untuk pemasangan instalasi air bersih di PDAM Tirta Tarum ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dalam upaya peningkatan kata kunci ke-pelayanan pada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan air bersih dari PDAM. Sehingga keinginan pemimpin untuk memberikan “one day service” terhadap masyarakat dapat segera terwujud. Kata Kunci : sistem informasi, persediaan barang, pelayanan pasang baru Total Kata : 261

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 14 Oct 2017 08:20
Last Modified: 14 Oct 2017 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30695

Actions (login required)

View Item View Item