PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV C SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

ANDINI AUSTI, 135060124 (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV C SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I ACC.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II ACC.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III ACC.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
17. BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN BHAKTI WINAYA Bandung, yang menunjukan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh pendidik karena pendidik masih menggunakan metode ceramah. Sehingga hasil belajar siswa masih rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dikelas IV SDN BHAKTI WINAYA Bandung. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Inkuiri. Metode penelitian yang dilakukan oleh penelitian yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN BHAKTI WINAYA Bandung dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang penelitian dengan menggunakan model Inkuiri pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 71% , siklus II 78% dan siklus III 88%. Selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 70%, siklus II 79% dan siklus II 83%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I memperoleh presentase 52%, siklus II 63%, dan siklus III 85%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah afektif siklus I memperoleh presentase 52%, siklus II 74%, dan siklus III 85%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah psikomotor siklus I memperoleh presentase 22%, siklus II 66%, dan siklus III 81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN BHAKTI WINAYA Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Inkuiri, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 04:21
Last Modified: 14 Oct 2017 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30687

Actions (login required)

View Item View Item