PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FEBRYANY RAMADHANYATY ERMAYA, 135030140 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI I SMA Negeri 22 Bandung masih kurang. Kurangnya keterampilan siswa dalam menulis cerpen disebabkan oleh tiga faktor, yaitu faktor guru, faktor siswa, dan faktor lingkungan. Dari berbagai macam permasalahan yang ada yang perlu segera diatasi yaitu kekurangmampuan siswa dalam menentukan ide untuk mengawali cerita dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut yaitu dengan menggunakan mendia video klip lagu, media ini akan mempermudah siswa untuk mengembangkan ide dan arah tulisan ke dalam sebuah cerpen yang baik. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu untuk mengetahui kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks cerpen dengan Media Video Klip Lagu pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Bandung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks cerpen dengan Media Video Klip Lagu pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Bandung,untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Bandung dalam menulis teks cerpen,untuk mengetahui keefektifan Media Video Klip Lagu pada pembelajaran menulis teks cerpen terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Bandung. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 22 Bandung yang berjumlah 38 siswa. Variabel penelitian dibagi menjadi dua yaitu variabel keterampilan menulis cerpen dan variabel penggunaan media video klip dalam pembelajaran menulis cerpen. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 22 Bandung melalui media video klip lagu. Nilai rata-rata kelas 81,6 dengan kategori cukup,dengan peningkatan sebesar 11,76 dan termasuk kategori baik. Setelah siswa menggunakan media video klip untuk menulis cerpen terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis cerpen menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Kata kunci : Menulis, keterampilan menulis cerpen, media video klip lagu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Oct 2017 04:11
Last Modified: 14 Oct 2017 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item