PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI BERUPA PAPARAN KEJADIAN SUATU FENOMENA ALAM YANG DIPERDENGARKAN DENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

VALLERIE NURUL FAJRI, 135030145 (2017) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI BERUPA PAPARAN KEJADIAN SUATU FENOMENA ALAM YANG DIPERDENGARKAN DENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP ANGKASA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menelaah adalah suatu kegiatan untuk menyelidiki, mencari, atau menganalisis mengenai sesuatu yang ditelaah. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang telah terjadi sebelumnya dan menyebabkan sesuatu yang lain lagi akan terjadi kemudian. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Pembelajaran Menelaah Teks Eksplanasi Berupa Paparan Kejadian Suatu Fenomena Alam yang Diperdengarkan dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII B SMP Angkasa Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung? Mampukah siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung mengikuti pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan denganmenggunakan media audio visual? Efektifkah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan pada siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pra-eksperimental. Adapun hasil penelitiannya adalah peneliti mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan denganmenggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,45 dan pelaksanaan 3,60. Siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung mampu mengikuti pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan denganmenggunakan media audio visual. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 64,03 dan nilai rata-rata postes yaitu 75,74. Jadi ada peningkatan sebesar 11,71. Media audio visual efektif dalam pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan pada siswa kelas VIII B SMP Angkasa Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik denganhasil > , yaitu 5,15 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% denganderajat kebebasan 30. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, menelaah, teks, teks eksplanasi, fenomena alam, dan media audio visual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 14 Oct 2017 02:50
Last Modified: 14 Oct 2017 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item