Perancangan Rute Distribusi Teh Walini dan Goalpara Menggunakan Pendekatan Capacitated Vehicle Routing Problem dengan Metode Saving Clarke-Wright

TRY PRIATNA, 133010169 and Agus Purnomo, DS and Yogi Yogaswara, DS (2017) Perancangan Rute Distribusi Teh Walini dan Goalpara Menggunakan Pendekatan Capacitated Vehicle Routing Problem dengan Metode Saving Clarke-Wright. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam suatu perusahaan, keuntungan yang besar akan diperoleh bila proses distribusi produk efektif dan efisien (Vandiko dkk, 2013:136). PTPN VIII membentuk sebuah unit hilir yang bernama Industri Hilir Teh untuk memproduksi berbagai produk olahan teh celup dengan merek Walini dan Goalpara. Dalam melayani konsumen lokal di Kota Bandung sebanyak 30 retail Borma, 25 retail Griya dan 13 retail Yogya, IHT meng-outsourcing-kan kegiatan distribusinya pada Pusat Koperasi Karyawan (PUSKOPKAR). Dari hasil observasi awal, untuk saat ini PUSKOPKAR belum memperhatikan rute distribusi serta kurang memanfaatkan kapasitas kendaraan yang tersedia mengakibatkan kegiatan distribusi yang dilakukan tidak efektif. yang pada akhirnya membuat ongkos distribusi menjadi lebih besar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana merancang rute distribusi Teh Walini dan Goalpara yang memperhatikan kapasitas kendaraan dan permintaan setiap retail untuk dapat meminimasi ongkos distribusi ? Setelah melakukan studi literatur, permasalahan tersebut dapat diselesaikan menggunakan penerapan Vehicle Routing Problem (VRP). Dengan adanya keterbatasan kapasitas dalam pengangkutan barangnya, maka pendekatan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) lebih tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Disamping dapat memenuhi semua permintaan dari tiap pelanggan, metode saving Clarke-Wright juga dapat memberikan solusi rute dengan ongkos yang minimum. Dikarenakan semakin besar nilai saving yang didapat maka semakin besar pula penghematan yang dilakukan. Setelah melakukan pengolahan data menggunakan metode saving Clarke-Wright, metode ini dapat melakukan penghematan sebesar 64% atau Rp. 2.200.975 dari total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan saat ini. Angka tersebut didapat dikarenakan memanfaatkan kapasitas yang tersedia dengan utilitas sebesar 93,5%, sehingga dapat dilakukannya penghematan jarak sebesar 966,5 km atau 66%. Total waktu pengiriman juga lebih efisien dikarenakan kegiatan tersebut dapat diselesaikan selama tujuh hari, dengan selisih kondisi perusahaan ini sebesar 13 hari. Kata Kunci : Perancangan Rute Distribusi, Capacitated Vehicle Routing Problem, Metode Saving Clarke Wright

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 13 Oct 2017 10:21
Last Modified: 13 Oct 2017 10:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item