PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI STRUKTUR ISI TEKS EKSPLANASI YANG BERORIENTASI PADA KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TIKA DESTRIA KUSTANTY, 135030051 (2017) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI STRUKTUR ISI TEKS EKSPLANASI YANG BERORIENTASI PADA KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI TIKA DESTRIA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRACT.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 RINGKESAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
14 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Memproduksi Struktur Isi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Think-Talk-Write pada Siswa Kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung dengan tepat?; 2) Seberapa besar kemampuan siswa dalam memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan siswa kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan untuk siswa kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung sebelum dan sesudah guru menerapkan model Think-Talk-Write? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 36 siswa yang merupakan siswa kelas XI IIS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7; (2) siswa kelas XI IIS 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 38,47 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 75,58. Perbedaan ini menunjukkan selisih 36,11 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir sebesar 36,11. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,04 dengan kategori nilai baik (B); (3) model think-talk-write efektif digunakan dalam memproduksi struktur isi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yakni 26,55 > 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 35. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran memproduksi struktur isi teks eksplanasi yang berorientasi pada kebahasaan dengan menggunakan model think-talk-write pada siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran memproduksi struktur isi, teks eksplanasi, think-talk-write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 08:22
Last Modified: 13 Oct 2017 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30662

Actions (login required)

View Item View Item