PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERMAIANAN MELALUI MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMA N 1 JALANCAGAK SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aep Saepudin, 135030038 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERMAIANAN MELALUI MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMA N 1 JALANCAGAK SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASBTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis teks biografi selalu berkaitan dengan keterampilaan menulis. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model permainan melalui multimedia pada siswa kelas X SMA N 1 Jalancagak Subang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penulis merumuskan masalah yang penulis ajukan yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model permainan melalui multimedia pada siswa kelas X SMA N 1 Jalancagak Subang?; 2) Mampukah siswa kelas X SMA N 1 Jalancagak Subang menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi secara tepat?; dan 3) Efektifkah model permainan melalui multimedia digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi pada siswa kelas X SMA N 1 Jalancagak Subang?. Model yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Ada pun hasil penelitiannya yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model permainan melalui multimedia pada siswa kelas X SMAN 1 Jalancagak Subang. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan pembelajaran sebesar 4.0, dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6 yang termasuk kategori baik sekali. 2) Siswa kelas X SMAN 1 Jalancagak Subang mampu menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model permainan melalui multimedia. Hal ini terbukti dari hasil nilai ratarata pretes sebesar 58,5 dan nilai rata-rata postes sebesar 83,96. Peningkatannya sebesar 24,76. 3) Model permainan melalui multimedia efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik thitung>ttabel yakni 5,73 > 2,04, tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menganalisis aspek makna dan kebahasaan teks biografi dengang menggunakan model permainan melalui multimedia berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menganalisis, aspek makna, kebahasaan, teks biografi, model permainan, multimedia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 09:03
Last Modified: 13 Oct 2017 09:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item