PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MIA MELDIANA, 135030070 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Mengonstruksi Informasi dalam Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Parongpong Tahun Ajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) apakah penulis mampu melaksanakan, merencanakan, dan mengatasi kerumitan serta kesulitan menulis yang terjadi pada siswa? 2) apakah siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong mampu mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi dengan tepat? 3) Efektifkah model mind mapping digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang merupakan siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Parongpong. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini terbukti berdasarkan nilai yang diberikan oleh guru bahasa Indonesia kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Parongpong, dengan rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6. 2) Dalam proses pembelajaran mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata tes awal 54,66 dan nilai rata-rata tes akhir 77,16. Jadi, ada peningkatan sebesar 22,05. 3) model mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji statistik t hitung > ttabel , yakni 20,05 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: mengonstruksi, informasi, peta pikiran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 08:09
Last Modified: 13 Oct 2017 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30659

Actions (login required)

View Item View Item