PENGARUH PENGEMBANGAN SOFT SKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA IPS KELAS X SMAN 21 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017

TITA PUSPITASARI, 135020010 (2017) PENGARUH PENGEMBANGAN SOFT SKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA IPS KELAS X SMAN 21 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh pengembangan soft skill terhadap prestasi belajar siswa IPS kelas X SMAN 21 Bandung tahun pelajaran 2016-2017. Adapun masalah yang terjadi di antaranya belum terjadinya perubahan yang optimal mengenai soft skill para siswa. Selain itu aktivitas dalam proses belajar mengajar belum menunjukan keaktifan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan belajar dan prestasi belajar siswa yang belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa IPS SMAN 21 Bandung. Data diperoleh melalui metode pengumpulan data observasi, kuisioner atau angket, studi pustaka, dan instrumen penelitian. Teknik pemeriksaan data dengan menggunakan program SPSS 24,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan soft skill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk pengembangan soft skill. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, pendidik dapat menerapkan soft skill apa saja yang harus dimiliki oleh siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Pengembangan soft skill telah diterapkan dengan baik dan berpengaruh baik terhadap prestasi belajar siswa di kelas X IPS di SMAN 21 Bandung. Artinya semakin baik kualitas pengembangan soft skill maka akan semakin baik prestasi belajar siswa. Hasil uji validitas dapat disimpulkan bahwa angket yang dibuat sudah tepat untuk mengumpulkan data. Data uji realiabilitas menunjukan klasifikasi sangat reliabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan soft skill terhadap prestasi kelas X IPS di SMAN 21 Bandung berada dalam kategori baik. Selanjutnya prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh soft skill kelas X IPS di SMAN 21 Bandung berada dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan pengembangan soft skill memiliki pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar mendapat pelatihan tentang soft skill dan mencari referensi serta strategi dan metode pembelajaranyang lainnya serta mengenal lebih jauh karakter siswa untuk memudahkan pendekatan dan memberikan keteladanan yang berkesan bagi siswa. Kepada sekolah agar menciptakan culture yang kondusif serta membuat peraturan yang tegas, kepada murid sekolah agar mempertahankan nilai yang sudah ada dan berusaha meningkatkannya, kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan hasil penelitian lebih lanjut di sekolah yang berbeda. Kata kunci: Soft Skill, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:29
Last Modified: 13 Oct 2017 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item