PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS X SMAN 16 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SAMSUL ARIFIN, 135030017 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS X SMAN 16 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan kemampuan yang lebih sulit dikuasai dibandingkan tiga kemampuan lain yaitu menyimak, berbicara, dan membaca. Hal itu disebabkan keterampilan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan di luar bahasa itu sendiri yang akan menjadi isi karangan atau tulisan. Saat proses menulis, siswa akan mengalami “kemandegan” menuangkan dan mengembangkan gagasan atau ide. Mereka tidak mengetahui apalagi yang akan ditulis. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas X SMAN 16 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah. 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas X SMAN 16 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas X SMAN 16 Bandung mengonstruksi teks eksposisi dengan baik dan benar? 3) Efektifkah media gambar seri diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMAN 16 Bandung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan media gambar seri pada peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 4,00 dan pelaksanaan sebesar 3,55. 2) Peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan media gambar seri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes 34,30 dan nilai rata-rata postes sebesar 45,12. Jadi, adanya peningkatan 10,82. 3) Media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi terhadap peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 7,26 > 0,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan media gambar seri. Kata kunci: Mengonstruksi, media gambar seri, teks eksposisi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:55
Last Modified: 13 Oct 2017 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30645

Actions (login required)

View Item View Item