PEMBELAJARAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

LENY WULANDARI, 135030037 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER PDF.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA REVISI PDF.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA REVISI PDF.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK ENGLISH REVISI 2 PDF.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I fix PDF.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II revisi fix PDF.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III fix PDF.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV revisi fix PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V fix PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menyajikan Rangkuman Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Ajran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model Cooperative Integrated Reading and Composition digunakan dalam pembelajaran menyajikan rangkuman. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung mengikuti pretes dan postes pada pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi? (3) Efektifkah model cooperative integrated reading and composition digunakan dalam pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi?. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,85. (2) Siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung mampu menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi dengan mengunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata pretes yaitu 51,61 dan nilai rata-rata postes yaitu 82,96 yang berarti ada peningkatan sebesar 31,34 atau setara dengan 12%. (3) Model Cooperative Integrated Reading and Composition tepat digunakan dalam pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 4,74>2,04 pada taraf signifikan 0,5% tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 26. Berdasarkan fakta tersebut , penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Teks Laporan Hasil Observasi, Cooperative Integrated Reading and Composition.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:51
Last Modified: 13 Oct 2017 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item