DICKY INDRA GUNTARA, 135020057 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMAN 6 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan APBN Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Diorama Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas XI IPS 1 SMAN 6 Bandung . Penelitian ini bertujuan untuk : (i) Untuk mengetahui pengaruh media diorama dalam materi pembelajaran APBN studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS I SMA Negeri 6 Bandung, (ii) Untuk mengetahui Minat belajar siswa pada materi pembelajaran APBN studi kasus pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS I SMA Negeri 6 Bandung, dan (iii) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media diorama terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS I DI SMA Negeri 6 Bandung studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok materi APBN. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dengan teknik pengumpulan data tersebut berupa survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Bandung yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa butir angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran diorama sebesar 4,08, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 3,99, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran diorama dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran diorama yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,555%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 55,5% terhadap variabel Y dan sisanya 45,5% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 55,5% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media diorama. Kata kunci : Media Pembelajaran Diorama dan Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:23 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30637 |
Actions (login required)
View Item |