PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Firdza Fauziah Nur Hilmy, 135030072 (2017) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam kurikulum 2013 mendemonstrasikan sebuah teks cerita fabel merupakan keterampilan berbicara. Berkaitan dengan penjelasan diatas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mendemonstrasikan teks cerita fabel dengan mengunakan model pembelajaran role playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang.Permasalahan yang penulis ajukan adalah 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pemebelajaran mendemonstrasikan teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada siswa kelas VII SMP negri 3 Soreang?; 2) Apakah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang mendemonstrasikan teks fabel menggunakan model pembelajaran role playing secara tepat?; 3) Apakah model pembelajaran role playing efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen jenis one group pretest postest design dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mendemonstrasikan teks cetita fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang. Hal ini terbukti dengan penilaian perencanaan sebesar 3,80 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,80. Kemampuan penulis termasuk katagori sangat baik (A). (2) Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Soreang mampu mendemonstrasikan teks cetita fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Hal terbukti dari nilai rata-rata pretest sebesar 30,76 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,11. Peningkatanya sebesar 44,36. (3) Metode role playing efektif digunakan dalam mendemonstrasikan teks cetita fabel. Hal ini terbukti dengan hasil uji t yang menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 41,18> 2,02 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 41. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran metode role playing efektif digunakan dalam mendemonstrasikan teks cerita fabel di kelas VII SMP Negeri 3 Soreang. Kata Kunci : Mendemonstrasikan, berbicara, cerita fabel, metode role playing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:39
Last Modified: 14 Oct 2017 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30631

Actions (login required)

View Item View Item