PEMBELAJARAN MENYAJIKAN DATA CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK DAERAH KE DALAM TEKS PROSEDUR MEMERHATIKAN STRUKTUR, UNSUR KEBAHASAAN, DAN ISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMPN 28 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aznabila Sudiana, 135030062 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN DATA CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK DAERAH KE DALAM TEKS PROSEDUR MEMERHATIKAN STRUKTUR, UNSUR KEBAHASAAN, DAN ISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMPN 28 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK bhs indo.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II refisi 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III REVISI 2.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV REFISI FIXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
18 daftar pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah praktis yang dapat mempermudah kehidupan. Membaca teks prosedur bermanfaat agar kita memahami petunjuk untuk mengerjakan hal-hal yang spesifik dalam kehidupan sehari-hari. Metode Mind Mapping adalah suatu cara mencatat yang dapat memetakan pikiran yang kreatif dan efektif, serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak kanan dan otak kiri. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyajikan data cara memainkan alat musik ke dalam teks prosedur menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMPN 28 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyajikan data cara memainkan alat musik daerah ke dalam teks prosedur memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi dengan menggunakan metode mind mapping ada siswa kelas VII SMPN 28 Bandung?; (2) apakah peserta didik kelas VII SMPN 28 Bandung mampu menyajikan teks prosedur dengan memerhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi menggunakan metode mind mapping?; (3) bagaimanakah ketepatan model mind mapping dalam pembelajaran menyajikan data cara memainkan alat musk ke dalam teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMPN 28 Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan metode mind mapping dalam pembelajaran menyajikan data cara memainkan alat musik ke dalam teks prosedur. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretest-posttest design adapun hasilnya; hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,88. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 35,25 dan rata-rata nilai postes sebesar 72,97, peningkatan sebesar 27,72. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik t hitung > ttabel, yakni 14,05 > 02,09 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 31. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menyajikan data cara memainkan alat musik ke dalam teks proseur dengan memerhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi menggunakan metode mind mapping dapat diterima. Kata Kunci: pembelajaran, teks prosedur, metode mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:40
Last Modified: 13 Oct 2017 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30630

Actions (login required)

View Item View Item