ANALISIS PERBAIKAN PERFORMANSI KUALITAS LAYANAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PENDIDIKAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN AHP

Agus Alex Yanuar, NPM.108312002 (2013) ANALISIS PERBAIKAN PERFORMANSI KUALITAS LAYANAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PENDIDIKAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN AHP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
Tesis Agus AY 108312002 MTI_Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Agus AY 108312002 MTI_Bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Agus AY 108312002 MTI_Bab2.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Agus AY 108312002 MTI_Pustaka.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia merupakan kunci menentukan nasib suatu bangsa. Bangsa yg memiliki SDM berkualitas adalah bangsa yang memiliki daya saing. Jalur utama untuk mencetak SDM berkualitas adalah melalui Perguruan Tinggi (PT) yg berkualitas. Daya saing bangsa dan kualitas Pendidikan Tinggi Indonesia masih rendah sehingga PT dituntut melakukan upaya perbaikan mutunya. Perbaikan mutu dari perspektif pelanggan dilakukan melalui 2 macam assessment, yaitu: Assessment INTQUAL yaitu penilaian kualitas layanan internal melalui perspektif dosen dan Assessment EXQUAL yaitu penilaian kualitas layanan eksternal melalui perspektif mahasiswa dimana keduanya mengadopsi 5 dimensi SERVQUAL dari Parasuraman dan pengolahannya menggunakan Fuzzy-SERVQUAL. Sedangkan perseptif manajemen menggunakan pendekatan AHP sehingga keluaran penelitian ini adalah pengambilan keputusan strategi perbaikan performansi mutu layanan internal dan eksternal Pendidikan Tinggi. Hasil penelitian menyimpulkan: Pertama: Skor gap performance semua item baik pada instrumen INTQUAL maupun EXQUAL menunjukkan nilai gap negatif (expectations>perceptions), sehingga performansi mutu layanan internal dan eksternal yang diberikan PT pada saat ini “tidak memuaskan” karena belum dapat memenuhi harapan dan kepuasan baik kepada dosen maupun mahasiswanya. Pada instrumen INTQUAL: Skor gap performance dosen per dimensi terendah berada pada dimensi Reliability (-1.24), meliputi 4 indikator (I_REA, I_REB, I_REC dan I_RED). Pada instrumen EXQUAL: Skor gap performance mahasiswa per dimensi terendah berada pada dimensi Responsiveness (-1.24), meliputi 4 indikator (I_RSA, I_RSB, I_RSC dan I_RSD). Kedua: Memperhatikan 4 kriteria secara bersamaan maka prioritas utama Strategi Perbaikan INTQUAL Dimensi Reliability adalah Strategi (a): Menyusun SOP Kompensasi Dosen dan Karyawan serta Implementasinya secara tepat. Sedangkan prioritas utama Strategi Perbaikan EXQUAL Dimensi Responsiveness adalah Strategi (d): Menyusun SOP Pelayanan Akademik dan Mahasiswa dan implementasinya secara tepat. Kata kunci: INTQUAL, EXQUAL, Fuzzy-SERVQUAL, AHP.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:42
Last Modified: 11 Apr 2016 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item View Item