PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI

Neng Fitri Andriani, 125060212 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dalam pembelajaran IPS pada materi dampak globalisasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN CIJAGRA 2 memiliki hasil belajar siswa yang rendah di dalam pembelajaran dikarenakan guru hanya mengggunakan metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran siswa di kelas kurang aktif. Penelitian ini dilakukan selama II siklus, setiap siklusnya dilakukan sebanyak 2 kali pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, yang berjumlah 35 siswa, diantaranya 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam kegiatan penelitian pembelajaran dengan menerapkan model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul peningkatan hasil belajar siswa mencapai 62,85% dengan kategori kurang , siklus II mencapai 91,42% dengan kategori baik. Hambatan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) peneliti menemukan hambatan sebagai berikut yaitu sebagian siswa masih pasif di dalam kelas dan kurang menunjukan sikap percaya diri, serta banyak memakan waktu karena kurang efektif menerapkan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan Model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS SD. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry), hasil belajar, hambatan, upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:52
Last Modified: 13 Oct 2017 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item