Neng Fitri Andriani, 125060212 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (739kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dalam pembelajaran IPS pada materi dampak globalisasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN CIJAGRA 2 memiliki hasil belajar siswa yang rendah di dalam pembelajaran dikarenakan guru hanya mengggunakan metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran siswa di kelas kurang aktif. Penelitian ini dilakukan selama II siklus, setiap siklusnya dilakukan sebanyak 2 kali pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, yang berjumlah 35 siswa, diantaranya 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam kegiatan penelitian pembelajaran dengan menerapkan model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul peningkatan hasil belajar siswa mencapai 62,85% dengan kategori kurang , siklus II mencapai 91,42% dengan kategori baik. Hambatan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) peneliti menemukan hambatan sebagai berikut yaitu sebagian siswa masih pasif di dalam kelas dan kurang menunjukan sikap percaya diri, serta banyak memakan waktu karena kurang efektif menerapkan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan Model Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS SD. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing (Guided Inquiry), hasil belajar, hambatan, upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 02:52 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 02:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30622 |
Actions (login required)
View Item |