PENERAPAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DENGAN MEDIA WALL CHART DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK (Penelitian Ekperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018)

MA’SUM ASHARI, 135030109 (2017) PENERAPAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DENGAN MEDIA WALL CHART DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK (Penelitian Ekperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulit dan rumitnya dalam pembelajaran memproduksi cerpen. Hal ini ditandai sulitnya siswa dalam menemukan ide kreatif untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik. Berdasarkan hal ini peneliti mengujicobakan strategi pembelajaran menulis double entry journal dengan media wall chart sebagai alternatif strategi pembelajaran menulis khususnya pembelajaran menulis cerpen. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journal dengan media wall chart dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journal dengan media wall chart dalam menulis cerpen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan strategi double entry journal dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi double entry journal dengan media wall chart dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Bandung. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t skor postes kelas eksperimen dan postes kelas kontrol menghasilkan thitung adalah 3.773 dengan db 71 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi double entry journal dengan media wall chart dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi double entry journal dengan media wall chart. Hasil perhitungan uji-t skor pretes dan postes kelas eksperimen menghasilkan thitung 22.124 dengan db 36 diperoleh nilai p 0,000. Pretes dan postes kelas kontrol diperoleh thitung 9.550 dengan db 35 dan diperoleh p 0,000. Sedangkan perolehan gain score kelas eksperimen sebesar 0.371149 dan lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol 0.231722. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi double entry journal dengan media wall chart efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 9 Bandung. Kata Kunci: strategi double entry journal, media wall chart, memproduksi cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 07:15
Last Modified: 12 Oct 2017 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30599

Actions (login required)

View Item View Item