RAMLAN ANGGARA, 135020055 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016-2017 (studi kasus pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X jurusan Manajemen Pemasaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I..pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
dapus.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017(Studi kasus pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas X jurusan Manajemen Pemasaran)” Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 80 orang peserta didik, yang terdiri dari 40 peserta didik kelas X MP 2 yang dijadikan kelas eksperimen dan 40 orang peserta didik kelas X MP 1 yang dijadikan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbetuk essay. Untuk mengetahui kelayakan perangkat tes pengambilan data dalam penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, realiabitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. . Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari N-gain yaitu sebesar 0.793 yang berkategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.428 yang berkategori rendah. Berdasarkan hasil hitung Eta square menunjukan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa sebesar 30,6%. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran guru sebaiknya menggunakan dan mengkreasikan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 06:20 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30591 |
Actions (login required)
View Item |