PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016-2017” (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi bisnis dalam teori kebutuhan di kelas X jurusan administrasi perkantoran)

DIMAS SAKTI NEGORO, 135020056 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016-2017” (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi bisnis dalam teori kebutuhan di kelas X jurusan administrasi perkantoran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi dimas.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
daptar fustaka.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa SMK pasundan 4 bandung tahun ajaran 2016-2017 (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi bisnis dalam teori kebutuhan kelas x jurusan administrasi perkantoran).Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X AP di SMK Pasundan 4 Bandung. (2) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X AP di SMK Pasundan 4 Bandung. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMK Pasundan 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (X) terhadap aktivitas belajar siswa (Y) pada mata pelajaran ekonomi bisnis”. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh cukup kuat antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0,429 atau 42,9%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y = 11,242 + 0,571 X artinya bahwa setiap model pembelajaran kooperatif tipe group investigation bertambah 11,242 maka aktivitas belajar meningkat sebesar 0,571. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (model pembelajaran kooperatif tipe group investigation) terhadap variabel Y (aktivitas belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar sebesar 42,9% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terutama untuk pembelajaran materi-materi ekonomi bisnis pokok bahasan selanjutnya, Kepada para praktisi atau peneliti lain dibidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. dan kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana pendukung proses belajar mengajar agar peserta didik lebih termotivasi belajar serta mempelancar proses belajar mengajar. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 12 Oct 2017 06:15
Last Modified: 12 Oct 2017 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item