MUHAMMAD SALIM ABDUL HAKIM, 135010010 (2017) PERANAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL ANAK (Studi Deskriptif di PSAA Al-Kautsar Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
12 BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB III.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Peranan panti Sosial Asuhan Anak dalam Mengembangkan Karakter Kepedulian Sosial Anak (Studi Deskriptif di PSAA Al-Kautsar Lembang). Setiap anak berhak memiliki karakter di dalam dirinya agar kelak menjadi pribadi yang baik dan dapat menumbuhkan kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama. Kepedulian sosial bisa dikembangkan melalui lembaga pendidikan non formal yaitu panti asuhan. Oleh karena itu, pengembangan karakter peduli sosial sejak dini sangat dibutuhkan agar kelak anak-anak asuh dapat menjadi individu yang peka terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di dalam kehidupan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dari pimpinan, pengasuh, dan anak asuh, serta hal tersebut dibuktikan juga dari hasil angket yang disebarkan penulis dengan menggunakan rumus P=F:Nx100 yang kemudian di isi oleh responden yaitu pimpinan, pengurus, anak asuh PSAA Al-Kautsar Lembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) proses pengembangan karakter peduli sosial anak dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu pendekatan secara langsung dan menggunakan program inti sosial. 2) bentuk-bentuk perilaku yang tercermin dalam diri anak yaitu anak mampu ikut serta dalam gotong-royong, kerjasamadan toleransi, anak mampu menjadi kakak asuh bagi adik-adik tingkatnya, anak mampu membantu teman sekamarnya atau tetangga kamarnya yang sedang sakit, anak mampu menolong warga masyarakatyang terkena musibah. 3) masalah-masalah dalam pengembangan karakter peduli sosial dapat dilihat dari faktor: a) masih terdapatnya anak yang bersifat egois sehingga anak kurang berkomunikasi dan interaksi antar sesama, adanya perbedaan dari masing-masing anak asuh. 4) persepsi dari pihak panti maupun anak asuh terkait karakter peduli sosial, bahwa pengembangan karakter peduli sosial sangat penting dimiliki setiap manusia, karena pada dasarnya manusia adalah “makhluk sosial” yang tidakakan terlepas dari kepedulian antar sesama. Kata Kunci : Peranan Panti Dalam Mengembangkan Karakter Kepedulian Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 04:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 04:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30587 |
Actions (login required)
View Item |