PERAN PENDIDIKAN POLITIK PARTAI GERINDRA DI KALANGAN PEMUDA KECAMATAN KRONJO KABUPATEN TANGERANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang)

DEDY SUARDI, 145010057 (2017) PERAN PENDIDIKAN POLITIK PARTAI GERINDRA DI KALANGAN PEMUDA KECAMATAN KRONJO KABUPATEN TANGERANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik menyebutkan bahwa salah satu fungsi partai politik adalah sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas agar menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Artinya seluruh partai politik yang ada di Indonesia memiliki kewajiban untuk melakukan pendidikan politik kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan materi-materi yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari Pengurus Anak Cabang Partai Gerindra Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang dalam memberikan pendidikan politik kepada kalangan pemuda di Kecamatan Kronjo, serta faktor-faktor pendorong dan penghambat selama melakukan pendidikan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Pengurus Anak Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengurus Anak Cabang Partai Gerindra Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang memang telah melakukan pendidikan politik kepada masyarakat luas, namun demikian pendidikan politik yang diberikan belum maksimal. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pendidikan politik sehingga pendidikan politik yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya perubahan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, baik perubahan bentuk komunikasi, materi, setting atau tempat pelaksanaan dan metode, guna tercapainya tujuan sebenarnya dari pemberian pendidikan politik kepada masyarakat. Kata Kunci : Partai politik, Partai Gerindra dan Pendidikan Politik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2014
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:59
Last Modified: 11 Oct 2017 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30547

Actions (login required)

View Item View Item