BOBI PRANUTRIO, 135020002 (2017) PENGARUH PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SEKOLAH SMA N 22 BANDUNG (survey pada kelas X IPS SMA N 22 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini Pengaruh Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 22 Bandung semester genap tahun ajaran 2016/2017 ). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran kinerja profesional guru dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 22 Bandung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IPS SMA Negeri 22 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asosiatif Kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan teknik pengolahan data ujivaliditas, ujireliabilitas, ujinormalitas data, analisisregresi linier sederhana dan koefisien dete rminasi. Hipotesis penelitian berbungi “Profesional Guru Berpengaruh Positif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 22 Bandung”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh professional guru terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,796 yang berarti korelasi tesebut positif dan kuat. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh professional guru terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X IPS di SMA Negeri 22 Bandung sebesar 79,6% dan 20,4% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan factor utama yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indicator variabel X yaitu : (1) Kemampuan mempelajari substansi pembelajaran, (2) Kemampuan mengorganisasikan materi pelajaran, (3) Kemampuan penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan siswa, (4) Mengikuti perkembangan kurikulum, (5) Kemampuan perkembangan IPTEK, (6) Kemampuan menyelesaikan permasalahan umum dan hasil belaja, (7) Kemampuan menggunakan berbagai alat dan metode serta sumber belajar yang sesuai, (8) Kemampuan mengembangkan bidang studi, (9) Kemampuan memahami fungsi sekolah, Kesimpulan berdasarkan hasil hipotesis penelitian dapat diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar dalam meningkatkan profesional guru sesuai dengan perannya masing-masing dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar guna tercapainya prestasi belajar siswa yang optimal sehingga peningkatan kualitas sekolah akan lebih baik. Kata Kunci: Profesional Guru, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 06:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30539 |
Actions (login required)
View Item |