PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus di Kelas XI IPS2 Pada Sub Ketenagakerja)

FERRA ARDHILASARI, 135020012 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus di Kelas XI IPS2 Pada Sub Ketenagakerja). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Studi Kasus di Kelas XI IPS2 Pada Sub Ketenagakerja Di SMA Nasional Bandung”. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui lingkungan sekolah siswa kelas XI IPS2 SMA Nasional Bandung dan minat belajar siswa Bagaimana kondisi lingkungan sekolah, bagaimana minat belajar siswa, dan bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar di kelas XI IPS SMA Nasional Bandung tahun ajar 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 di SMA Nasional Bandung yang berjumlah 30 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 21.0. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai lingkungan sekolah sebesar 4,028% sedangkan mengenai minat belajar sebesar 3,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap lingkungan sekolah dan minat belajar siswa “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa yaitu dilihat dari perhitungan koefisien deter minasi dengan nilai R Square sebesar 0,613. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 61% terhadap variabel Y dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 39% disebabkan oleh indikator variabel X berupa tolak ukur minat belajar. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran kepada pembaca apabila lingkungan sekolah semakin kondusif maka prestasi belajar siswa semakin meningkat. Semakin tinggi minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa semakin meningkat. Kata Kunci: Lingkungan sekolah, minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 04:10
Last Modified: 11 Oct 2017 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item