PERANAN SOSIALISASIPOLITIK ORGANISASI KEMAHASISWAAN EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK MAHASISWA (Studi Deskriptif Terhadap Kegiatan Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam FKIP UNPAS)

RACHDA ANJANI SOMAWINATA, 135010045 (2017) PERANAN SOSIALISASIPOLITIK ORGANISASI KEMAHASISWAAN EKSTRA KAMPUS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK MAHASISWA (Studi Deskriptif Terhadap Kegiatan Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam FKIP UNPAS). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mahasiswa yang mulai mengalami kemunduran dalam tingkat partisipasi yang tinggi akan kesadaran politik mahasiswa. Grand theory dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Stephen P. Robbins (2015, hlm. 2) bahwa organisasi merupakan suatu unit sosial yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas dua atau lebih orang-orang, yang berfungsi dalam suatu basis yang kontinu untuk mencapai suatu tujuan bersama atau serangkaian tujuan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengetahui gambaran riil, aktual dan kontekstual mengenai fenomena diatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah (1) bentuk kaderisasi yang telah tersusun yaitu berdasarkan kepada visi, misi dan tujuan organisasi. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah latihan kader I, II, III, kajian keilmuan dan keagamaan, focus group discussion, seminar, lokarkarya dan pengadvokasian masyarakat; 2) tujuan kaderisasi adalah untuk menjadikan mahasiswa yang sadar akan fitrahnya sebagai zoon politicon yang bernafaskan Islam, Ke-Bangsaan, dan Ke-Indonesiaan; 3) faktor-faktor yang menghambat yaitu dari mahasiswa itu sendiri, orang tua, pengurus organisasi, kadernya, kegiatan akademik, dan jangka waktu yang membutuhkan waktu yang lama; 4) upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan motivasi kepada para anggota dan pengurus, mendobrak pemikiran mahasiswa, mengadakan kegiatan yang menaarik, meningkatkan komunikasi dan koordinasi. Himpunan Mahasiswa Islam lebih memberikan pemahaman terhadap para mahasiswa bahwa berpartisipasi aktif dalam organisasi kemahasiswaan merupakan laboratorium demokrasi, politik dan laboratorium untuk berlatih menjadi seorang pemimpin. Kata Kunci : Himpunan Mahasiswa Islam, Organisasi, Kesadaran Politik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:51
Last Modified: 11 Oct 2017 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item View Item