INTAN NOVIANI, 135030141 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI DENGAN MEDIA POSTER MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 14 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB IV ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan pencapaian untuk mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulisan. Media poster merupakan media pembelajaran sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan gambar, warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menyajikan Teks Persuasi dengan Media Poster Melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan media poster melalui metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 14 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 ?; (2) Apakah ada perbedaan kemampuan menyajikan teks persuasi pada siswa kelas VIII SMPN 14 Bandung sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan media poster melalui metode inkuiri?; dan (3) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran menyajikan teks persuasi sesudah menggunakan media poster melalui metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 14 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, obeservasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah nilai rata-rata hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65; nilai rata-rata pretest sebesar 23,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 32,93 sedangkan selisih pretest dan posttest yaitu 9,43, terdapat hasil perhitungan statistik membuktikan t hitung>ttabel , yaitu 43,53>2,04 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 32. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan media poster melalui metode inkuiri pada siswa kelas VIII SMPN 14 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menyajikan, teks persuasi, media poster, metode inkuiri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 02:22 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 02:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30524 |
Actions (login required)
View Item |