PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di SMP Indonesia Raya Kota Bandung)

BINTANG CANDRA DIMEGA, 135010058 (2017) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di SMP Indonesia Raya Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I rev.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru bertugas dan bertanggung jawab memotivasi, memfasilitasi, mendidik dan melatih peserta didik Salah satu cara mengatasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik adalah dengan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran yang peserta didik merasa mengalami kesulitan, dengan adanya minat, diharapkan peserta didik dapat belajar dengan baik dan dapat mengatasi kesulitan yang peserta didik alami. Demikian juga dengan belajar. Belajar yang dilakukan dengan penuh minat dan rasa suka akan membawa hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan belajar yang dilakukan karena terpaksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualit atif deskriptif Hasil penelitian dilapangan bahwa Kegiatan peserta didik dikelas, dimulai ketika mereka mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran. Mereka memfokuskan diri pada guru yang akan memberikan materi, peserta didik ini mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan baik dan mempunyai motivasi yang tinggi hal tersebut terlihat karena antusiasme peserta didik dalam mengerjakan tugas, dan berbondong-bondong ingin menjawab pertanyaan yang guru berikan. Guru mengajar dengan metode yang membuat peserta didik aktif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga peserta didik senang dan aktif dalam menjawab pertanyaan oleh guru. Bahwa minat belajar peserta didik di SMP Indonesia Raya memiliki minat belajar yang sangat tinggi. Factor yang mempengaruhi minat pembelajaran PPKn di SMP Indonesia Raya adalah dari cara mengajar guru yang sangat bervariasi, sehingga peserta didik bisa lebih memfokuskan pada materi yang akan disampaikan. KATA KUNCI : Peranan guru, peserta didik, minat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2017 06:31
Last Modified: 10 Oct 2017 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30507

Actions (login required)

View Item View Item