STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN KREASI WISATA KAMPUNG RAJUT BINONG JATI SEBAGAI KAMPUNG KREATIF DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampung Wisata Rajut Binong Jati Kota Bandung)

RISA SARASWATI, NPM. 158080014 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN KREASI WISATA KAMPUNG RAJUT BINONG JATI SEBAGAI KAMPUNG KREATIF DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kampung Wisata Rajut Binong Jati Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
12 JURNAL TESIS fix RISA.docx

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pengembangan terhadap Kampung Wisata di Kota Bandung, dengan cara melakukan perubahan baik sarana dan prasarana serta melakukan komunikasi dan sosialisasi yang baik dengan di dukung oleh pihak-pihak terkait, seperti Walikota, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan lain-lain yang terkait dalam program ini agar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan dapat terus maju serta semakin dikenal oleh masyarakat Bandung khususnya. Salah satu Kampung Wisata yang akan dibahas oleh peneliti adalah Kampung Wisata Rajut di Daerah Binong Jati Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pengembangan Kampung Wisata di Kota Bandung menjadi lebih menarik terutama pada kampung rajut sehingga menciptakan suatu sistem sosial baru bagi masyarakat serta dapat menjadi tujuan wisata di Kota Bandung bagi para wisatawan lokal dan internasional. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan proses pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara dengan para pihak terkait. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Organisasi menurut Robbins, 2006: 363 : suatu organisasi termasuk organisasi pemerintahan, komunikasi menjalankan empat fungsi utama di dalam kelompok atau organisasi yaitu pengendalian, motivasi, pengungkapan emosi, dan informasi. Selain itu peneliti menggunakan teori Komunikasi AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) menurut Kotler dan Onong Effendy dalam buku Teori dan Filsafat komunikasi. Konsep AIDDA menjelaskan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak (komunikasi) dalam menerima pesan komunikasi. Kampung Wisata ini mulai banyak dipromosikan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan melakukan berbagai sosialisasi dan publikasi dengan berbagai media baik offline maupun media online. Dari hasil penelitian ternyata strategi pengembangan kampung wisata perlu dilakukan dengan media offline seperti diberikan signage/neon sign sebagai petanda memasuki kawasan wisata kampung rajut dan didukung pula penyebaran informasi adanya kampung rajut melalui media sosial karena media sosial lebih cepat membuat masyarakat mengetahui akan adanya Kampung Wisata di Kota Bandung. Kampung Wisata Rajut di Binong Jati merupakan salah satu contoh kampung wisata yang perkembangannya cukup baik dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat yang bisa menjadi contoh bagi Kampung Wisata lainnya yang ada di Kota Bandung supaya bisa lebih berkembang dan menyuguhkan suatu budaya yang menarik. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Strategi Pengmbangan Komunikasi, Pengembangan Kampung Wisata, komunikasi AIDDA.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Oct 2017 08:08
Last Modified: 09 Oct 2017 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30487

Actions (login required)

View Item View Item