PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS DI JALAN RAYA ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lembang Kelas XII )

Obby Hardianto, 135010018 (2017) PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS DI JALAN RAYA ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lembang Kelas XII ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.Indonesia.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (b.inggris).pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK b.sunda.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM DALAM BERLALU LINTAS DI JALAN RAYA ( Studi Kasus Di SMAN 1 Lembang Kelas XII)”. Diharapkan melalui pendidikan kewarganegaraan siswa SMAN 1 Lembang Kelas XII dapat meningkatkan kesadaran hukum dalam berlalu lintas di jalan raya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kesadaran hukum siswa terhadap peraturan lalu lintas merupakan salah satu faktor penting dalam menyelenggarakan lalu lintas, penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya jumlah kecelakaan dan jumlah pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas dari tahun-ketahun terus mingkat. Dari faktor permasalahan tersebut peneliti mengidentifikasi “bagaimana peran pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran hukum” sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik , sikap peserta didik, dalam berlalu lintas, dan mengetahui sejauh mana peran PKn dalam meningkatkan kesadaran hukum peserta didik serta faktor apa saja yang mempengaruhi peserta didik melanggar peraturan lalu lintas, dan apakah ada keja sama pihak sekolah dengan pihak kepolisan untuk menumbuhkan kesadaran hukum peserta didik dalam berlalu lintas. Dan diharapkan berguna bagi siswa selaku pengguna jalan, pihak kepolisian selaku aparat pemerintah, dan pihak sekolah selaku pendidik. Berdasarkan hasil observasi dari penelitian ini , diperoleh data bahwa kesadaran hukum peserta didik kelas XII di SMAN 1 Lembang dalam berlalu lintas masih sangat rendah. Rendahnya kesadaran hukum peserta didik dalam berlalu lintas ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya Pengetahuan peserta didik tentang peraturan lalu lintas yang masih kurang, guru PKn belum mengoptimalkan perannya sebagai informasi bagi siswa khususnya tentang Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Agar peserta didik menyadari pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas diadakannya penyuluhan hukum tentang Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dilakukan secara rutin. Dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak kepolisian diharapkan peserta didik memiliki kesadaran hukum yang tinggi sehingga terciptanya lalu lintas yang aman, tertib, lancer, dan teratur. Kata Kunci : Kesadaran Hukum, Lalu Lintas, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:28
Last Modified: 09 Oct 2017 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30477

Actions (login required)

View Item View Item