PERANAN LEMBAGA ADAT DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA LEBAKSIUH KABUPATEN SUMEDANG (Studi Deskriftif di Desa Lebaksiuh kabupaten Sumedang)

DEDE KURNIADI, 135010067 (2017) PERANAN LEMBAGA ADAT DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI DESA LEBAKSIUH KABUPATEN SUMEDANG (Studi Deskriftif di Desa Lebaksiuh kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
00.COVER SKRIPSI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “peranan Lembaga Adat dalam mengatasi Kenakalan Remaja di Desa Lebaksiuh Kabupaten Sumedng (Studi Deskriftif di Desa Lebaksiuh kabupaten Sumedang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan lembaga adat dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Lebaksiuh Kabupaten Sumedang. Maraknya kenakalan remaja yang terjadi di Desa Lebaksiuh Kabupaten Sumedang menjadi landasan diadakannya penelitian dan penulisan skripsi ini, masyarakat mulai meninggalkan normanorma yang telah berlaku sebelumnya sehingga remaja melakukan sesuatu diluar norma yang telah berlaku didalam masyarakat. Terlepas dari itu lembaga adat Desa lebaksiuh salah satu lembaga yang menjaga dan memelihara norma norma tersebut. kaitannya dengan penulisan skripsi ini adalah inin mengetahui sejauh mana peranan lembaga adat dalam mengatasi kenakalan remaja yang sekarang marak terjadi di Desa Lebaksiuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif yang melalui tahapan wawancara, observasi, angket, study dokumentasi dan catatan lapangan. Objek penelitian ini adalah remaja usia 11-21 tahun, dan lembaga adat Desa Lebaksiuh. Secara garis besar analisis data melipti 5 langkah yaitu: Analisis sebelum dilapangan, Analisis selama dilapangan, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpuan. Dengan hasil penelitian yaitu Lembaga Adat Desa Lebaksiuh sangat berperan dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Lebaksiuh Kabupaten Sumedang karena dengan menjaga norma-norma artinya menjaga remaja dari kenakalan. Lembaga adat Desa Lebaksiuh memiliki 3 fungsi yaitu melestarikan nilai budaya dan adat istiadat, fungsi pengawasan masalah sosial, dan fungsi penyelesaian masalah sosial di Desa Lebaksiuh Kabupaten Sumedang. Akhir peneliti menyampaikan kesimpulan bahwa Lembaga Adat Desa Lebaksiuh sangat berperan dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Lebaksiuh. Saran dari penulis kepada para remaja adalah walaupun zaman sudah modern ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju tetapi harus tetap berpegang teguh pada norma-norma yang telah berlaku, dan saran kepada lembaga adat adalah perkuat kordinasi dan pengawasan bersama masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 09 Oct 2017 06:55
Last Modified: 09 Oct 2017 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item View Item