ILHAM AGAM SUMARNA, 135020114 (2017) PEMANFAATAN PASAR INDUK CIANJUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SMA DI KABUPATEN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Sumber belajar adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam kegiatan belajar. Sumber belajar secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu sumber daya yang dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik yang langsung maupun tidak langsung, baik sebagian maupun keseluruhan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pemanfaatan Pasar Induk Cianjur sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Cianjur. Rumusan masalah yang diajukan adalah 1) Bagaimana pemahaman guru mata pelajaran ekonomi tentang Pasar Induk Cianjur sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Cianjur. 2) Bagaimana pemanfaatan Pasar Induk Cianjur sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Cianjur. 3) Adakah faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Pasar Induk Cianjur sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan instrument yang digunakan yaitu angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi SMA kelas X di Kabupaten Cianjur dan sampel yang diambil berdasarkan jarak Pasar Induk Cianjur dengan sekolah kurang lebih 5 kilometer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan analisis persentase data, penyusun mengolah data dengan aplikasi SPSS 23,0 for windows lalu keluar output ke dalam tabel dan selanjutnya penulis membuat pie chart dan mendeskripsikan hasil persentase tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pasar Induk Cianjur berpotensi sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi. Selain dari itu, Pasar Induk Cianjur telah dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran ekonomi SMA sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi. Pemanfaatan Pasar Induk Cianjur sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi dihambat oleh waktu, akses, dan biaya yang dimiliki guru, akan tetapi hal itu bisa di dukung karena Pasar Induk Cianjur menjadi pusat perdagangan di Kabupaten Cianjur. Kata kunci: Pemanfaatan, pasar induk cianjur, sumber belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 06:37 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30466 |
Actions (login required)
View Item |