PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 17 BANDUNG

Vovi Nur Hazanah, 135010061 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Edit.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hak Asasi Manusia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 17 Bandung. Objek penelitian ini bertempat di SMA Negeri 17 Bandung. Dari latar belakang dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu grur yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran, dan siswa yang nilainya di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar PPKN siswa dengan penerapan model problem based learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung, Dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung dengan penerapan model Problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dengan menggunkana pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa, hasil observasi guru dalam KBM, hasil wawancara terhadap guru dan siswa, serta hasil dokumentasi Data kuantitatif dilihat dari lembar kerja siswa dan nilai tes siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitain ini adalah ketuntasan dari penilaian tes hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas yaitu 78,72 dengan siswa yang tuntas yaitu sebanyak 28 siswa dari 37 jumlah siswa, sehingga prosentase yang diperoleh sebesar 75,76%, Pada perbaikan siklus II nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 82,43 yang sudah mencapai KKM dengan siswa yang tuntas yaitu 32 siswa dari 37 jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Prosentase dari penilaian tes hasil belajar pada siklus II memperoleh 91,89%. Pembahasan di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan tentang Hak Asasi Manusia. Dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hendaknya guru menggunkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 04:35
Last Modified: 07 Oct 2017 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30402

Actions (login required)

View Item View Item