PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMK DI KOTA BANDUNG

ADE FAUZIYAH KUSUMAWATI, 135050048 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMK DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Indo).pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak (Engish).pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Ade Fauziyah Kusumawati (135050048). “Pengaruh Pembelajaran Matematika melalui Strategi REACT dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMK di Kota Bandung”. Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam segala aspek kehidupan. Kemampuan representasi matematis memiliki peran penting dalam proses pembelajaran matematika untuk mengembangk an kemampuan kognitif siswa. Karena kemampuan representasi masih kurang optimal dan memuaskan, diperlukan sebuah penerapan pendekatan pembelajaran matematika yang menggunakan masalah kontekstual sehingga siswa menggunakan representasi dengan berbagai cara untuk memahami konsep matematika, yaitu pembelajaran matematika melalui strategi REACT dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT dengan pendekatan open-ended lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui apakah kecemasan matematika siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui strategi REACT dengan pendekatan open-ended lebih rendah dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol nonekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari kemampuan representasi matematis dan kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data kualitatif diperoleh dari data hasil analisis terhadap angket kecemasan matematika siswa dan lembar observasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT dengan pendekatan open-ended lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kecemasan matematika siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT dengan pendekatan open-ended lebih rendah dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Strategi Pembelajaran REACT dengan Pendekatan Open-Ended, Kecemasan Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 04:22
Last Modified: 07 Oct 2017 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item View Item