PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 26 BANDUNG (Penelitian Analitis Deskriptif Kualitatif dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Kelas VIII SMPN 26 Bandung).

RONI SONJAYA, 135010014 (2017) PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 26 BANDUNG (Penelitian Analitis Deskriptif Kualitatif dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Kelas VIII SMPN 26 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

RONI SONJAYA (135010014) PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 26 BANDUNG (Penelitian Analitis Deskriptif Kualitatif dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Kelas VIII SMPN 26 Bandung). Pada masa sekarang ini atau bisa dikatakan era globalisasi bangsa Indonesia mengalami kebobrokan moral atau penurunan moral ke arah negatif dan juga memudarnya nilai-nilai kearifan bangsa, hal tersebut terjadi pada sekolah SMP Negeri 26 Bandung, dimana para siswa banyak yang melakukan indisipliner seperti bolos sekolah, rambut gondrong, memakai kaos kaki yang tidak sesuai (pendek), memakai celana ketat, tidak memakai sabuk, tidak membawa topi, kesiangan, perkelahian dan lain sebagainya. Tindakan-tindakan tersebut menjadikan kegelisahan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peranan pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian deskriptif analitis kualitatif. Pengambilan sample menggunakan metode triangulasi, dengan jumlah sample 35 responden. Hasil penelitian dilapangan bahwa pembelajaran PPKn di SMPN 26 Bandung dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, karena hasil temuan dilapangan ada perbedaan kedisiplinan sebelum dan sesudah pembelajaran PPKn. Sebelum mengikuti pembelajaran para siswa kurangnya kesadaran akan pentingnya disiplin dalam belajar, kurang percaya diri, kurangnya sikap kedewasaan, terjadi pelanggaran terhadap tata tertib sekolah sedangkan setelah mengikuti pembelajaran PPKn siswa mempunyai pengetahuan yang lebih baik tentang pentingnya disiplin dalam kehidupan, mempunyai percaya diri yang tinggi, bersifat wibawa, tata tertib sekolah kebanyakan selalu ditaati dan dilaksanakan. Jadi betapa pentingnya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Kata kunci: peranan, pembelajaran PPKn, dan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:27
Last Modified: 07 Oct 2017 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30392

Actions (login required)

View Item View Item