PEMBUATAN EDIBLE FILM BUAH KOLANG-KALING (ArengaPinatta) YANG DIPENGARUHI JENIS LILIN LEBAH (Beeswax) TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM

EGA GILANG PERWADA, 103020025 and Thomas Gozali, DS and Tantan Widiantara, DS (2017) PEMBUATAN EDIBLE FILM BUAH KOLANG-KALING (ArengaPinatta) YANG DIPENGARUHI JENIS LILIN LEBAH (Beeswax) TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan jenis lilin lebah dalam pembuatan edible film kolang-kaling.Manfaat dari penelitian yaitu menemukan bahan baku lain dalam pembuatan edible film, Menghasilkan plastik yang dapat digunakan sebagai pembungkus makanan yang ramah lingkungan, Memberikan perkembangan pada penelitian di bidang edible film, Serta diharapkan dapat menambah referensi dalam hal pembuatan edible film khususnya dari kolangkaling. Metode penelitian yang dilakukan tediri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu menentukan jumlah konsentrasi CMC terpilih dengan perbandingan konsentrasi diantaranya V1 = 0,5%, V2 = 1%, dan V3 = 1,5% menggunakan uji respon kimia yaitu kadar air dimana konsentrasi terpilih akan digunakan pada penelitian utama. Penelitian utama yang dilakukan yaitu menetapkan jenis lilin lebah dalam pembuatan edible film kolang-kaling. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa jenis lilin lebah berpengaruh pada kadar air, tekstur, kenampakan dan warna edible film kolang-kaling. Dari penelitian utama sampel terpilih V3, menghasilkan nilai kuat tarik cenderung rendah sebesar 14,262 MPa, jika dibandingkan dengan perlakuan V1 memiliki nilai kuat tarik sebesar 22,749 MPa. Begitupun dengan V3 memiliki nilai elongasi sebesar 11,246% dan V1 sebesar 19,955%.Dari keragaman hasil analisis kuat tarik dan elongasi ini menujukkan bahwa konsentrasi bahan penyusun edible film berpengaruh terhadap kekuatan tarik dan elongasi edible film tersebut. Kata Kunci : Edible Film, Kolang-Kaling, Gliserol, CMC, Lilin Lebah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:17
Last Modified: 07 Oct 2017 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30390

Actions (login required)

View Item View Item