PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP KESADARAN BUDAYA LOKAL DI KALANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Desktriptif SMK Negeri 2 Pangandaran)

Dede Wahyudin, 135010077 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP KESADARAN BUDAYA LOKAL DI KALANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Desktriptif SMK Negeri 2 Pangandaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab 2.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 3.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
13. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
14. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan observasi di lingkungan sekolah SMK Negeri Pangandaran yang menyatakan peserta didik masih kurang kesadarannya terhadap nilai-nilai budaya lokal(budaya Sunda). Permasalahan dalam penelitian ini adalah dimana tingkah kesadaran peserta didik terhaadap budaya lokal khususnya budaya sunda mulai tergeser oleh kesadaran terhadap budaya asing yang mayoritas peserta didik mengetahui budaya asing itu melalui handphone yang tersambung ke jaringan internet dan mayoritas peserta didik sudah mempunyai handphone yang tersambung ke jaringan internet. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI. UPW dan XI. TSM yang berjumlah keseluruhan 55 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap yaitu tahap pra penelitian dan tahap penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode peneitian kuantitatif dimana data-data nya berbentuk angka-angka. Berdasarkan hasil perhitungan Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaah handphone terhadap kesadaran budaya lokal dikalangan peserta didik SMK Negeri 2 Pangandaran. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh angka indeks korelasi sebesar 0,808 yang berkisar antara 0,70-0,90, ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y yaitu korelasi yang kuat atau tinggi. Kata Kunci : Handphone, Budaya Lokal (Budaya Sunda)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 02:50
Last Modified: 07 Oct 2017 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30382

Actions (login required)

View Item View Item