PERANAN SIKAP DO IT YOURSELF (DIY) DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN REMAJA (Studi Kasus di Desa Banjaran Kabupaten Bandung)

FAISAL ILHAM, 135010017 (2017) PERANAN SIKAP DO IT YOURSELF (DIY) DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN REMAJA (Studi Kasus di Desa Banjaran Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA1.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi krisis percaya diri yang dialami kalangan remaja, kalangan remaja membeli barang bukan untuk memenuhi kebutuhan namun lebih sebagai pemenuhan hasrat atau keinginan. Kalanagan remaja pun mudah terhasut dengan iklan yang ditampilkan diberbagai media, seperti media sosial, media cetak ataupun media elektronik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: (1) mengungkap faktor-faktor apakah yang menyebabkan perilaku konsumtif di kalangan remaja, (2) mengungkap bagaimana peranan sikap Do It Your Self (DIY) dalam meminimalisir perilaku konsumtif di kalangan remaja, (3) mengungkap dampak perilaku konsumtif bagi kalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Subjek penelitian ini adalah remaja usia 12-15 tahun, remaja 15-18 tahun, dan remaja 18-21 tahun bejumlah 13 orang. Hasil penelitian melihat peranan dari sikap Do It Yourself di kalangan remaja mengakibatkan terjadinya perubahan mindset terutama dalam hal perilaku konsumtif. Sebagaian besar dari responden yang menerapkan sikap Do It Yourself memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi karena mereka berinovasi dengan barang yang berada di sekitarnya untuk pemenuhan kebutuhan dan inovasi dari barang yang dibuatpun memiliki nilai ekonomis dan nilai guna. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peranan sikap Do It Yourself di kalangan remaja mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya meminimlaisir perilaku konsumtif dikalanagan remaja, disamping itu remaja bisa berkarya dan meningkatkan produktivitas ditengah keterbatasan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang hendak disampaikan, antara lain: (1) Bagi informan penelitian Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang perilaku konsumtif. Informan/subjek penelitian diharapkan dapat memikirkan kebutuhan yang diprioritaskan. (2) Bagi masyarakat diharapkan dapat menjadi petunjuk dan gambaran tentang perilaku konsumtif sehingga dapat mengontrol diri sendiri dalam berbelanja. (3) Bagi peneliti selanjutnya dengan tema yang sama, diharapkan lebih fokus terhadap tema yang diteliti sehingga data tidak keluar dari tujuan penelitian, akurat dan tidak mempersulit pada analisis, adapun tinjauan bagi penelitian selanjutnya berkaitan dengan hal pengembangan Sikap Do It Yourself (DIY) dalam menumbuhkan jiwa Entrepreneur, hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif. Kata Kunci: Do It Yourself (DIY), Perilaku Konsumtif, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:34
Last Modified: 06 Oct 2017 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item