PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Ajeng Elka Putri Utami, 134020284 (2017) PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pada umumnya setiap perusahaan selalu berusaha untuk memaksimumkan nilai perusahaannya. Berbagai strategi diterapkan guna mencapai tujuan tersebut. Perusahaan melalui manajer keuangan harus mampu menjalankan fungsinya di dalam mengelola keuangan dengan benar dan seefisien mungkin dan manajer berusaha agar selalu menjaga kinerjanya terlihat baik dimata para stakeholdernya. Namun pada kenyataanya, perusahaan seringkali dihadapkan pada berbagai kendala yang bisa menyebabkan penurunan kinerja bahkan kesulitan keuangan hingga akhirnya bangkrut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba terhadap nilai perusahaan dan mengetahui kualitas audit dalam memoderasi pengaruh manajemen laba terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan Price Book Value (PBV). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sub sektor batu bara. Data penelitian menggunakan populasi sebanyak 23 perusahaan pertambangan dan data sampel diperoleh 6 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2011 sampai 2015. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan moderated regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan berpengaruh signifikan dengan kontribusi pengaruh sebesar 45% kemudian Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Moderasi berpnegaruh signifikan dengan kontribus sebesar 26,1%. Kata kunci: Manajemen Laba, Nilai Perusahaan, Kualitas Audit

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:16
Last Modified: 06 Oct 2017 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30361

Actions (login required)

View Item View Item