DENI KUSWANTO, 135010032 (2017) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Deskriptif Analitis di kelas XI SMAN 16 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
5 abstrak indonesia.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRACT inggris.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
7 abstrak sunda.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB II.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
||
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA semua.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “PERANAN GURU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Deskriptif Analisis di SMA Negeri 16 Bandung)” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Bagaimana proses dalam menumbuhkan karakter rasa cinta tanah air yang diterapkan guru PKn disekolah. 2) Bagaimana bentuk-bentuk prilaku siswa dalam mencerminkan sikap cinta tanah air dilingkungan sekolah. 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru PKn sebagai pendidik karakter dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi siswa. 4) Bagaimana upaya guru PKn sebagai pendidik karakter dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan rasa cinta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang penulis ajukan. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif analisis, peneliti menggunakan bentuk penelitian deskriptif analisis dengan tujuan untuk mengetahui rasa cinta tanah air di lingkungan sekolah. Bentuk penelitian deskriptif analisis adalah penelitian dengan memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan rasa cinta tanah air di lingkungan sekolah mempunyai peran baik dari keteladanan guru dan memberikan motivasi kepada siswa serta proses dalam pembelajaran PKn sehingga membuat siswa mudah memahami arti penting dari cinta tanah air serta dapat mewujudkan bentuk rasa cinta tanah air tersebut. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru pendidikan kewarganegaraan hendaknya lebih memberikan contoh nyata dihadapan siswa tentang bentuk-bentuk rasa cinta tanah air, kemudian kepada murid agar dapat lebih bisa mengembangkan karakter rasa cinta yang dimilikinya, serta peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian mengenai rasa cinta tanah air di lingkungan sekolah dengan baik lagi. Kata Kunci : Peranan Guru Dalam Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 06:32 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30352 |
Actions (login required)
View Item |