PERANAN OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK ( Studi Deskriptif diaksanakan di SMAN 1 Kandanghaur)

RIZKI DWI KAMALUL JAMAL, 135010071 (2017) PERANAN OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK ( Studi Deskriptif diaksanakan di SMAN 1 Kandanghaur). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelirian ini berjudul “Peranan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik (Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu)”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang proses kegiatan organisasi siswa intra sekolah di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, semangat kedisiplinan di kalangan peserta didik dan anggota organisasi siswa intra sekolah di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, kendala apa yang menjadi hambatan implementasi program organisasi siswa intra sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan di organisasi siswa intra sekolah SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, upaya mengatasi kendala dalam implementasi program organisasi siswa intra sekolah SMAN 1 Kandanghaur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yang melalui tahap Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Pembina OSIS, Anggota OSIS, Peserta didik bukan anggota OSIS di lingkungan SMAN 1 Kandanghaur Indramayu yang berjumalah 23 orang. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu : (1) Persiapan, (2) tabulasi, (3) penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Analisis data dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara besamaan yaitu: (a) Reduksi Data, (b) Display Data, dan (c) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Dengan hasil penelitian bahwa kegiatan OSIS sangat berperan penting dalam meningkatkan kedisiplinan, melalui program kerja OSIS yang terbagi dalam 8 (delapan) Seksi Bidang yang terdapat dalam struktur OSIS. Yang ditunjang dan dilaksanakan oleh Pengurus Musyawarah Kelas dan Pengurus OSIS. Selain itu semangat kedisiplinan akan terbentuk melalui kegiatan rutin yang melatih dan membentuk kedisiplinan seperti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Upacara Bendera, Gerakan Disiplin Siswa, Pramuka yang di selaraskan dengan tata tertib sekolah yang di terapkan di lingkungan SMAN 1 Kandanghaur. Akhir penelitian, peneliti menyampaikan kesimpulan bahwa OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) sangat berperan dalam meningkatkan kedisilinan peserta didik. Saran dari penelitian ini adalah Saran dari penelitian ini adalah agar kegiatan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dikelola dengan perencanaan yang matang, peran aktif dari seluruh warga SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, dimplentasikan dan dievaluasi dengan memperhatikan minat peserta didik dan didukung dengan pelatih yang handal dan pendanaan yang memadai. Kata Kunci : OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Kedisiplinan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:52
Last Modified: 06 Oct 2017 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30344

Actions (login required)

View Item View Item