PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Pasundan 7 Bandung)

NINIT ROYANITA, 135010013 (2017) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu sikap ketaatan yang harus dimiliki peserta didik agar memiliki cara belajar yang baik. Disiplin belajar dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Sikap dan perilaku disiplin tidak terbentuk dengan sendirinya dan dalam waktu yang singkat, namun melalui proses yang cukup panjang. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; 1) Bagaimana peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan Peserta Didik?, 2) Apa faktor yang mempengaruhi sikap disiplin peserta didik?, 3) Bagaimana langkah guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan kewarganegaraan meningkatkan kedisiplinan peserta didik, mengetahui faktor yang mempengaruhi kedisiplinan Peserta Didik, mengetahui langkah guru pendidikan kewarganegaraan dalm meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut, 1. Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan, selain melaksanakan tugas mengajar, melatih, yang tidak kalah penting adalah mendidik perilaku peserta didik supaya tidak nakal atau tingkah lakunya tidak melanggar norma-norma di sekolah. 2. Guru pendidikan kewarganegaraan mempunyai peranan membawa peserta didiknya menjadi manusia yang memiliki rasa kesadaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik, guru pendidikan kewarganegaraan harus banyak berusaha agar peserta didik nya mempunyai sikap yang baik, kecerdasan yang tinggi serta keterampilan yang bermanfaat, oleh karena itu guru pendidikan kewarganegaraan harus dapat memanfaatkan fungsinya sebagai penuntun moral, sikap serta memberi dorongan ke arah yang lebih baik, bahwa jelas guru adalah orang yang memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya. 3. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi sikap disiplin peserta didik yaitu faktor internal yang meliputi minat dan emosi, faktor eksternal yang meliputi sanksi, hukuman, situasi dan kondisi sekolah. 4. Dalam peningkatan kedisiplinan peserta didik yaitu melalui proses pembelajaran melalui penanaman nilai kejujuran, nilai keterbukaan, dan nilai tanggung jawab. Kemudian dalam pembinaan disiplin peserta didik dapat juga menerapkan teknik inner control, teknik external control, teknik cooperative control. Kata Kunci : Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:55
Last Modified: 06 Oct 2017 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item