PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PERAN INTERNAL AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN ( Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung )

IRFAN MAULANA, 134020289 (2017) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PERAN INTERNAL AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN ( Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHN.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 32 orang, sampel penelitian yang digunakan adalah 32 orang dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial pemahaman akuntansi, pemanfaatan system informasi akuntansi, dan peran internal audit berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Dimana besarnya pengaruh pemahaman akuntansi sebesar 55,7%, pemanfaatan sistem infromasi akuntansi sebesar 76,7%, dan peran internal audit sebesar 51,2% terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, dan peran internal audit berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 85,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 14,1% merupakan pengaruh faktor lain di luar ketiga variabel independen yang sedang diteliti, seperti faktor Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Good Corporate Governance. Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi, Peran Internal Audit dan Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Oct 2017 09:17
Last Modified: 05 Oct 2017 09:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item