KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SOREANG KABUPATEN BANDUNG

MUHAMAD RESALLUDIN SUTEJO, 132010147 (2017) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SOREANG KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Pendahuluan (2).pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I (2).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II .docx (2).pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang, Kabupaten Bandung. Konteks penelitian yang diangkat oleh peneliti mengenai Kualitas Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang. Peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut karena banyaknya masyarakat Kabupaten Bandung khususnya yang merasa tidak puas dan nyaman dengan pelayanan yang disediakan oleh pihak RSUD Soreang ini. Selain itu, biaya yang relatif tinggi juga menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat enggan melakukan pengobatan di RSUD tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tujuan untuk menemukan deskripsi general dan universal, yang berlaku pada sejumlah variasi, situasi dan kondisi. Selain itu, pendekatan ini juga diterjemahkan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, informan dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh benarbenar akurat sesuai dengan kebutuhan peneliti. Adapun tahap-tahap penelitian yang peneliti lakukan terdiri dari, tahapan pra-lapangan dan pekerjaan lapangan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan pengamatan, triangulasi, selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan melalui analisis data kualitatif yaitu dengan proses menemukan dan menyusun data yang diperoleh dari observasi dan wawancara, memilah milah dan memilih data sesuai dengan focus penelitian, sebagaimana Creswell (2007), Rossman dan Rallis (1998) dalam buku Creswell yang berjudul Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Masyarakat mengeluhkan sikap pegawai pelayanan administrasi pasien rawat inap yang tidak menentu ataupun labil, proses pelayananan adminitrasi yang bisa menghabiskan waktu selama berjam-jam (lambat), tidak adanya petunjuk dan penjelasan SOP mengenai pelayanan administrasi disekitar RSUD, tarif biaya ataupun keuangan yang relatif mahal dan tidak sesuai dengan pelayanan yang diberikan, sarana dan prasarana penunjang pelayanan administrasi rawat inap yang seadanya serta adanya diskriminasi status sosial pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soreang secara umum belum efektif. Hal ini dikarenakan masih banyaknya permasalahan, hambatan, dan keluhan khususnya dalam proses pelayanan administrasi pasien rawat inap di RSUD Soreang, Kabupaten Bandung yang harus diperbaiki

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:13
Last Modified: 05 Oct 2017 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item