PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN BUDGET EMPHASIS TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Pada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat)

Muhammad Kemal Firdaus, 134020144 (2017) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN BUDGET EMPHASIS TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (Studi Pada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh senjangan anggaran yang sering terjadi pada beberapa perusahaan dan instansi yang menggunakan metode partisipasi anggaran. Selain itu, ketidak konsistenan beberapa hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya juga turut melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan pendekatan kontijensi dengan memasukkan variabel lain seperti asimetri informasi dan budget emphasis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi dan budget emphasis terhadap senjangan anggaran baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang, yang terdiri dari kepala bagian dan kepala sub bagian di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan metode jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik ini dipilih karena jumlah populasi relatif sedikit. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan arah positif. Partisipasi anggaran berpengaruh terhadap senjangan anggaran di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dengan kontribusi pengaruh sebesar 32,1%. Budget emphasis berpengaruh tidak signifikan terhadap senjangan anggaran dengan arah positif. Budget emphasis terhadap senjangan anggaran di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menunjukkan pengaruh dengan kontribusi pengaruh sebesar 0,4%. Kata Kunci: Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi, Budget Emphasis, dan Senjangan Anggaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:50
Last Modified: 05 Oct 2017 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30276

Actions (login required)

View Item View Item