PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-FALAH KOTA BANDUNG

PIEPIET MARYANI, 135010055 (2017) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-FALAH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK ( BAHASA INDONESIA).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK ( BAHASA INGGRIS).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Al-Falah Kota Bandung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Al -Falah Kota Bandung yang berjumlah 25 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode peta konsep pada proses pembelajaran PPKn, mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode peta konsep pada mata pelajaran PPKn, dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI MIA SMA Al-Falah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest) dan angket. Dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi, hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh antara metode peta konsep (X) Terhadap hasil belajar peserta didik (Y) pada pelajaran PPKn”. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara Variabel X dan Variabel Y sebesar 0,681 itu berarti korelasi tersebut bertanda positif. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara Variabel X dan Variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y= 4,018 + 0,545X artinya 4,018 bahwa jika variabel (X) yakni metode peta konsep bernilai 0 (nol) dan tidak ada perubahan, maka hasil belajar (Y) peseta didik akan bernilai 4,018. 0,545 artinya jika variabel (X) metode peta konsep mengalami peningkatan sebesar 1 atau semakin baik, maka hasil belajar (Y) peserta didik akan mengalami peningkatan semakin baik sebesar 0,545. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (metode peta konsep) terhadap variabel Y ( hasil belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 46,4% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain baik di dalam maupun di luar lingkungan belajar peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan dari kesimpulan adalah metode peta konsep dapat mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam penguasai pembelajaran. Oleh karena itu metode peta konsep membuat peserta didik menjadi bersemangat mengikuti proses pembelajaran sehingga akan berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang direkomendasikan adalah hendaknya guru dapat bekerja sama dengan peserta didik untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih baik agar dapat meningkatkan motivasi belajar salah satunya dengan memilih metode yang sesuai dengan meteri yang akan disampaikan sehingga penyampaian materi pembelajaran akan lebih efektif. Kata Kunci : Metode Peta Konsep, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:47
Last Modified: 04 Oct 2017 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30246

Actions (login required)

View Item View Item