PIEPIET MARYANI, 135010055 (2017) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-FALAH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK ( BAHASA INDONESIA).pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK ( BAHASA INGGRIS).pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Al-Falah Kota Bandung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Al -Falah Kota Bandung yang berjumlah 25 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan metode peta konsep pada proses pembelajaran PPKn, mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode peta konsep pada mata pelajaran PPKn, dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI MIA SMA Al-Falah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest) dan angket. Dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi, hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh antara metode peta konsep (X) Terhadap hasil belajar peserta didik (Y) pada pelajaran PPKn”. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara Variabel X dan Variabel Y sebesar 0,681 itu berarti korelasi tersebut bertanda positif. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara Variabel X dan Variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y= 4,018 + 0,545X artinya 4,018 bahwa jika variabel (X) yakni metode peta konsep bernilai 0 (nol) dan tidak ada perubahan, maka hasil belajar (Y) peseta didik akan bernilai 4,018. 0,545 artinya jika variabel (X) metode peta konsep mengalami peningkatan sebesar 1 atau semakin baik, maka hasil belajar (Y) peserta didik akan mengalami peningkatan semakin baik sebesar 0,545. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (metode peta konsep) terhadap variabel Y ( hasil belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 46,4% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain baik di dalam maupun di luar lingkungan belajar peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan dari kesimpulan adalah metode peta konsep dapat mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam penguasai pembelajaran. Oleh karena itu metode peta konsep membuat peserta didik menjadi bersemangat mengikuti proses pembelajaran sehingga akan berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang direkomendasikan adalah hendaknya guru dapat bekerja sama dengan peserta didik untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih baik agar dapat meningkatkan motivasi belajar salah satunya dengan memilih metode yang sesuai dengan meteri yang akan disampaikan sehingga penyampaian materi pembelajaran akan lebih efektif. Kata Kunci : Metode Peta Konsep, Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 06:47 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 06:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30246 |
Actions (login required)
View Item |